Berita Terbaru

Program Studi Fisika



                  Belajar ilmu Fisika akan banyak mempelajari gejala alam. Anda akan banyak mengumpulkan dan mencari hubungan gejala-gejala alam tersebut untuk memperoleh manfaat darinya. Pemanfaatan sinar-X, sinar radioaktif, sinar laser, energi nuklir, energi surya, dan sebagainya, lahir dan dikembangkan dari ilmu fisika.Sehingga anda akan dididik untuk memahami hukum-hukum fisika, penerapan fisika dalam teknologi, dan pengembangan fisika. Di beberapa universitas atau institut, program studi fisika dibagi menjadi beberapa keahlian bidang khusus, yaitu :
  • Fisika Material, mempelajari sifat atomik untuk rancang bangun bahan yang dibutuhkan oleh industri canggih serta pengelolaan energi nuklir.
  • Fisika Nuklir, mempelajari gejala gelombang untuk mendukung sistem komunikasi dengan menggunakan serat optik, pemanfaatan sinar laser, sinar-X untuk penelititan bahan, gejala akustik dan penerapan, serta optimasi penggunaan energi.
  • Fisika Bumi ( Geofisika ), mempelajari gejala kebumian dan kaitannya dengan struktur bumi untuk kepentingan ekonomi, seperti penambangan minyak bumi, batu bara, atau perencanaan pembangunan.
  • Fisika Instrumentasi dan Komputasi, mempelajari elektronika, komputasi, rancang bangunan alat ukur dan sistem kontrol.

* Prospek Lulusan
          Adapun lulusan Prodi in i dapat bekerja sebagai staf pengajar di Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Pemerintah atau Swasta ( LAPAN, BATAN, LFN, LIN, LIPI, BPPT, BPFK, Puspitek,Pertamina, Lemigas ), perbankan, Departemen Pertahanan, TNI/POLRI, Perusahaan eksplorisasi minyak.

* Kampus
          Adapun beberapa daftar kampus yang membuka Program Studi ini, yaitu :
          Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya, Universitas Cendrawasih, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Haluoleo, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Papua, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Padjajaran, Universitas Tanjungpura,  Universitas Pattimura, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Riau, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Udayana Bali.



 Sekian Postingan untuk hari ini,^_^. . 
Jangan Lupa tinggalkan komentar anda dan like and follow twitterku . . ^_^



0 Response to "Program Studi Fisika"

Post a Comment

Dapatkan informasi-informasi menarik dan terbaru dari Joran Groups. Anda tidak akan ketinggalan informasi. Silahkan masukan email anda untuk berlangganan.

Hak Cipta

Semua Artikel di dalam blog ini telah dilindungi oleh undang-undang yang mengatur tentang Hak Cipta. Hak Cipta sepenuhnya adalah milik Joran Groups. Bagi sesama blogger Dilarang Keras mengkopi dan mempublishing kembali tanpa ijin artikel-artikel yang ada di dalam blog ini. Cantumkan alamat link dari blogger ini jika anda ingin share kembali isi artikel di blog ini. Pelanggaran akan hal itu, anda akan kena banned dari Google DMCA, karena semua artikel di situs ini telah terdaftar di DMCA Protected.

DMCA.com Protection Status
Terima Kasih Atas Kerjasamanya.