Berita Terbaru

Perkembangan Manusia Purba di Indonesia


Selamat bertemu lagi Sahabat Joran Groups dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini, kami memposting artikel yang sangat bermanfaat dan mempermudah anda dalam membuat tugas makalah sejarah. Nah, disini kami memposting Tugas Makalah Sejarah tentang Sejarah Perkembangan Manusia Purba di Indonesia.
Silahkan di baca . . . . .



KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat saya  selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini membahas “Sejarah perkembangan Manusia purba secara berurutan”.Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman tentang manusia purba dalam pelajaran sejarah.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Sejarah yang telah membimbing penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca,walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Maumere,  Maret 2014



Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    ......................................................................................    i
DAFTAR ISI    ..............................................................................................................    ii

BAB I . PENDAHULUAN    .......................................................................................    1
1.1.     LATAR BELAKANG    .......................................................................................    1
1.2.     RUMUSAN MASALAH    .......................................................................................    1
1.3.     TUJUAN PENULISAN    .......................................................................................    1

BAB II. PEMBAHASAN    .......................................................................................    2
2.1. SEJARAH MANUSIA PURBA DAN JENISNYA    .......................................    2

BAB III. PENUTUP    ...................................................................................................    9
3.1. KESIMPULAN    ...................................................................................................    9
3.2. SARAN    ...............................................................................................................    10

DAFTAR PUSTAKA        .......................................................................................    iii



BAB I

PENDAHULUAN



1.1.     LATAR BELAKANG

Pada hakikatnya semua makhluk manusia di dunia ini berasal dari satu keturunan yaitu adam dan hawa. Di mana adam dan hawa memiliki berpasang-pasang anak laki-laki dan perempuan, karena tuntunan hidup dan perubahan lingkungan mereka menyeberang ke penjuru dunia. Ada tokoh yang mengatakan bahwa manusia yang berasal dari afrika, menyebar ke asia,amerika, dan pasifik.
Di tempat yang baru dan beberapa keturunan mereka melakukan evolusi fisik yang akhirnya membentuk fisik yang sempurna. Faktor yang menyebabkan terjadinya evolusi dan perubahan fisik manusia purba yaitu sebagai berikut.
a. Mutasi
b. Seleksi alam
c. Perubahan frekuensi gen
d. Lingkungan
Dari faktor tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan fisik manusia eropa,asia maupun afrika.

1.2.     RUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalahnya,yaitu :
1.    Bagaimanakah urutan perkembangan manusia purba di Indonesia ?

1.3.    TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisannya :
1.    Untuk mengetahui urutan perkembangan manusia purba di Indonesia.



BAB II

PEMBAHASAN


2.1. SEJARAH MANUSIA PURBA DAN JENISNYA
Sejarah manusia purba merupakan bagian dari evolusi biologi dan sejarah kehidupan umat manusia yang hadir seiring munculnya homo sapiens. Ini merupakan subyek yang luas penyelidikan ilmiah yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana perubahan ini terjadi. Studi dari evolusi manusia meliputi berbagai ilmu pengetahuan, terutama fisik antropologi, linguistik dan genetika.


Keberadaan manusia purba, termasuk binatang dinosaurus sudah banyak disangkal oleh para ilmuwan modern. Beberapa temuan terakhir justru menunjukkan bahwa teori manusia purba tidak benar alias tidak pernah ada. Selama ini kita mendapatkan pemahaman yang salah yang diberikan pada waktu pendidikan dasar, ditambah dengan rekayasa film ala holywood yang memvisualisasi keberadaan mahlukmahluk di jaman purba, di antaranya Film Jurasic Park. Keadaan menjadi bertambah parah tatkala teori tentang manusia purba yang dikemukakan oleh para evolusionis ini diberikan tempat di dalam kurikulum pendidikan dasar kita.

Para ilmuwan Barat yang sebagian besar memang menganut teori evolusi memasukkan Australopithecus atau ras kera yang telah punah sebagai ras "nenek moyang manusia".
Padahal ada jurang besar dan tak berhubungan antara kera dan manusia. Perbedaan ini yang tidak bisa dijelaskan oleh mereka selanjutnya disebut dengan mata rantai yang hilang (missing link).
Adapun ras manusia primitif menurut mereka, sebenarnya hanya variasi dari ras manusia modern, namun dibesar-besarkan sebagai spesies yang berbeda. Faktanya, spesies yang berbeda. Fakta tidak ada urutan kronologis seperti itu. Banyak yang hidup pada periode yang sama yang berarti tidak ada evolusi, bahkan ada yang lebih tua dari jenis yang diklaim sebagai nenek moyangnya.
Manusia prasejarah atau yang juga biasa disebut dengan manusia purba adalah manusia yang hidup sebelum tulisan ditemukan. Cara hidup mereka masih sangat sederhana dan masih sangat bergantung pada alam.

Berikut adalah jenis-jenis manusia purba,yaitu :

1. Meganthropus paleojavanicus
Meganthropus paleojavanicus berasal dari kata-kata; Megan= besar, Anthropus= manusia, Paleo= tua, Javanicus= dari Jawa. Jadi bisa disimpulkan bahwa Meganthropus paleojavanicus adalah manusia purba bertubuh besar tertua di Jawa. Fosil manusia purba ini ditemukan di daerah Sangiran, Jawa tengah antara tahun 1936-1941 oleh seorang peneliti Belanda bernama Von Koeningswald. Fosil tersebut tidak ditemukan dalam keadaan lengkap, melainkan hanya berupa beberapa bagian tengkorak, rahang bawah, serta gigi-gigi yang telah lepas. Fosil yang ditemukan di Sangiran ini diperkirakan telah berumur 1-2 Juta tahun.

Ciri-Ciri Meganthropus paleojavanicus
•    Mempunyai tonjolan tajam di belakang kepala.
•    Bertulang pipi tebal dengan tonjolan kening yang mencolok.
•    Tidak mempunyai dagu, sehingga lebih menyerupai kera.
•    Mempunyai otot kunyah, gigi, dan rahang yang besar dan kuat.
•    Makanannya berupa tumbuh-tumbuhan.

2.    Pithecanthropus
Fosil manusia purba jenis Pithecanthrophus adalah jenis fosil manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Pithecanthropus sendiri berarti manusia kera yang berjalan tegak. Paling tidak terdapat tiga jenis manusia Pithecanthropus yang ditemukan di Indonesia, yaituPithecanthrophus erectus, Pithecanthropus mojokertensis, dan Pithecanthropus soloensis. Berdasarkan pengukuran umur lapisan tanah, fosil Pithecanthropus yang ditemukan di Indonesia mempunyai umur yang bervariasi, yaitu antara 30.000 sampai 1 juta tahun yang lalu.

Tulang tengkorak Pithecanthropus erectus
1.    Pithecanthropus erectus, ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 di sekitar lembah sungai Bengawan Solo, Trinil, Jawa Tengah. Fosil yang ditemukan berupa tulang rahang atas, tengkorak, dan tulang kaki.
2.    Pithecanthropus mojokertensis, disebut juga dengan Pithecanthropus robustus. Fosil manusia purba ini ditemukan oleh Von Koeningswald pada tahun 1936 di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak anak-anak.
3.    Pithecanthropus soloensis, ditemukan di dua tempat terpisah oleh Von Koeningswald dan Oppernoorth di Ngandong dan Sangiran antara tahun 1931-1933. Fosil yang ditemukan berupa tengkorak dan juga tulang kering.

Ciri-ciri Pithecanthropus
•    Memiliki tinggi tubuh antara 165-180 cm.
•    Badan tegap, namun tidak setegap Meganthrophus.
•    Volume otak berkisar antara 750 – 1350 cc.
•    Tonjolan kening tebal dan melintang sepanjang pelipis.
•    Hidung lebar dan tidak berdagu.
•    Mempunyai rahang yang kuat dan geraham yang besar.
•    Makanan berupa tumbuhan dan daging hewan buruan.

3.Homo
Manusia purba dari genus Homo adalah jenis manusia purba yang berumur paling muda, fosil manusia purba jenis ini diperkirakan berasal dari 15.000-40.000 tahun SM. Dari volume otaknya yang sudah menyerupai manusia modern, dapat diketahui bahwa manusia purba ini sudah merupakan manusia (Homo) dan bukan lagi manusia kera (Pithecanthrupus). Di Indonesia sendiri ditemukan tiga jenis manusia purba dari genus Homo, antara lain Homo soloensis, Homo wajakensis, dan Homo floresiensis.



•    Homo soloensis, ditemukan oleh Von  Koeningswald dan Weidenrich antara tahun 1931-1934 disekitar sungai bengawan solo. Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak.
•    Homo wajakensis, ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1889 di Wajak, Jawa Timur. Fosil yang ditemukan berupa rahang bawah, tulang tengkorak, dan beberapa ruas tulang leher.
•    Homo floresiensis, ditemukan saat penggalian di Liang Bua, Flores oleh tim arkeologi gabungan dari Puslitbang Arkeologi Nasional, Indonesia dan University of New England, Australia pada tahun 2003. Saat dilakukan penggalian pada kedalaman lima meter, ditemukan kerangka mirip manusia yang belum membatu (belum menjadi fosil) dengan ukurannya yang sangat kerdil. Manusia kerdil dari Flores ini diperkirakan hidup antara 94.000 dan 13.000 tahun SM.
Ciri-cirinya secara umum yaitu sebagai berikut.
1) Isi tengkorak bervariasi antara 1000-2000 cc dengan rata-rata 1350-1450 cc
2) Tinggi antara 130-210 cm
3) Berat badan 30-150 kg
4) Dahinya membulat dan tinggi
5) Gigi,rahang dan oto mengecil
6) Muka tidak begitu menonjol ke depan
7) Letak tengkorak di atas tulang belakang sudah lebih seimbang
8) Berjalan dan berdiri tegak sudah lebih sempurna

Jenis-jenis homo yang lain yaitu sebagai berikut:
1) Homo wajakensis ditemukan oleh van rietschoten tahun 1889 di wajak,Kediri,tempatnya di sungai brantas. Ciri-crinya sebagai berikut.
a) Muka dan hidung lebar
b) Muka menonjol dan dahi agak miring
c) Telah mengenal api
d) Memakan umbi-umbian yang di bakar

2) Homo soloensis ditemukan oleh teerhar,oppenorth, dan von koenigswald di sepanjang sungai bengawan solo tahun 1931. Homo ini berasal dari lapisan plestosin atas yang hamper sama dengan homo sapiens

3) Homo neanderthalensis yaitu manusia dari lembah neander. Fosil ini di temukan di neander,jerman athun 1856. Fosil sejenis di temukan di prancis,belgia, dan itslis. Homo diperkirakan sebagai nenek moyang dari salah satu ras manusia.


4) Homo sapiens (manusia sekarang). Hidup kurang lebih 800.000 juta tahun yang lalu (zaman plestosiin). Sejak zaman holosin fosil manusia yang di temukan menunjukkan ada 4 ras pokok yang tersebar di muka bumi, antara lai sebagai berikut :

a) Ras australoid
Ras ini ada sisa-sisanya ada di benua Australia. Fosilnya ditemukan di wajak tahun 1889 oleh van rietschoten. Fosilnya berupa:
1) Tengkorak
2) Fragmen rahang bawah
3) Beberapa ruas leher
4) Fragmen tulang tengkorak
5) Rahang atas dan bawah
6) Tulang paha dan tulang kering
Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa homo sapiens memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1) Volume otak 1630 cc
2) Muka datar dan lebar
3) Akar hidung Lebar
4) Dahi miring
5) Diatas rongga mata ada busur kening dan nyata
6) Tinggi kurang lebih 175 cm
7) Hidup kurang lebih 40.000 tahun yang lalu
Ras ini hidup dan tersebar di paparansunda dan Indonesia timur. Menurut T.Yacob di daerah irian zaman dulu berkembang ras suku dari wajak yng menjadi nenek moyang penduduk asli Australia sekarang serta menjadi penduduk asli irian dan melanisia.
b) Ras mongoloid
Fosilnya di temukan di gua chou-kuo-tien/peking pada tahun 1927 dan 1937 diberi nama Phitecanthropus pekinensis. Fosil ini mirip dengan Phitecanthropus erectus. Ciri-cirinya sebagai berikut.
1) Tengkoraknya lebih besar dari Phitecanthropus
2) Volume otak 900-1000 cc
Ras ini telah berbudaya yaitu ditemukan peralatan dekat dengan penemuan fosil. Manusia purba jenis ini yang berkembang menjadi beragam jenis ras mongoloid di asia timur,asia tengah,asia utara, dan asia timur laut dan selatan.


c) Ras kaukasoid
Ras ini nenek moyang bangsa eropa, yang hidup kurang lebih 60.000 tahun yang lalu. Dari fosil yang di temukan diperkirakan ras ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1) Tinggi
2) Besar
3) Mukanya sebesar dengan besar dagunya

d) Homo sapiens
Hidup kurang lebih 14.000 tahun yang lalu, sebagai ras termuda dari ras tersebut. Manusia berevolusi dan berkembang biak dengan berakenaragam sifatnya, yang menempati wilayah yang berbeda wilayah yang berbeda-beda hingga membentuk satu kesatuan social.



BAB III

PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
    Di tinjau dari ilmu biologi (ilmu hayat), manusia merupakan salah satu dari lebih sejuta jenis makhluk yang ada masuk golongan binatang menyusui atau mamalia. Dan kelas mamalia yang merupakan kelas besar dapat di bagi atas suku, sub-suku dan infra-suku. Dan akan terbagi dalam empat ras, yaitu Ras Australoid, Ras Mongoloid, Ras Causcasoid, dan Ras Negroid.Seperti kita ketahui manusia mulai muncul di muka bumi sejak zaman Neozoikum tepatnya pada masa Kala Holisin atau zaman Alluvium yang berkembang sejak 20.000 tahun yang lalu. Teori evolusi adalah perubahan filogenesis, yaitu perubahan satu takson menjadi takson lain, atau tetap menjadi takson lama dengan perubahan sedikit atau punah. Berbagai jenis ras manusia diperkirakan berasal dari Asia temggara. Dari penemmuan tulang belulang kuno, tampak bahwa mereka terdiri dari berbagai ras, seperti : Papua Melanesoid, Europoid, Mongoloid, dan Austaloid. Percampuran mereka melahirkan bangsa Melayu yang  berkulit sawo matang. Mereka  menyebar melalui sungai dan lembah ke daerah pantai. Daerah Teluk Tonkin merupakan tanah air mereka yang kedua. Dari Indo Cina mereka menyebar ke Kamboja, Muang Thai yang kemudian menjadi bangsa Austro-Asia. Sebagian besar dari  mereka menuju kepulauan yang kemudian menjadi bangsa Austronesia.Bangsa-bangsa  yang berkulit cokelat yang hidup di Asia Tenggara, yaitu : Thailand Selatan, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, dan Philipina Selatan sebagai bangsa Melayu yang berasal sari rumpun bangsa dan bahasa yang satu. Mereka bukan saja mempunyai persamaan kulit bahkan persamaan bentuk dananggota badan yan berbeda dengan bangsa Cina di sebelah timur dan bangsa India di sebelah barat.



3.2. SARAN
3.2.1    Diharapkan agar masyarakat dapat memahami maksud dari makalah ini dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang kehidupan manusia purba pada zaman dahulu.
3.2.2    Diharapkan bagi penulis lain untuk mencari referensi yang lebih relevan sebagai bahan dalam pembuatan makalah guna menciptakan karya tulis yang lebih bermanfaat mengenai kehidupan manusia homo sapiens pada zaman dahulu.



DAFTAR PUSTAKA

http://marhadinata.blogspot.com/2013/01/sejarah-manusia-purba-di-indonesia.html
http://smpn1sdk91bubun2013.blogspot.com/2013/03/sejarah-manusia-purba.html
http://yessicahistory.blogspot.com/2013/04/sejarah-manusia-purba-di-indonesia.html
http://zulfahmigo.blogspot.com/2013/01/manusia-purba-pithecanthropus-erectus.html
http://jagoips.wordpress.com/2012/12/28/kehidupan-manusia-pra-aksara/





Sekian postingan artikelnya, semoga bermanfaat. Jika mau copy artikelnya, kami harap anda menulis di kolom komentar untuk meminta ijinnya ya....dan jika ada pertanyaan seputar pendidikan anda, silahkan masukan pertanyaannya di kolom yang sudah kami sediakan...dan jika ada permintaan pembuatan makalah, kami siap membuat untuk anda dan tentunya GRATIS . . . .  Tapi, khusus yang udah like fanspage kami ya,,






Tunggu artikel selanjutnya ya....

0 Response to "Perkembangan Manusia Purba di Indonesia"

Post a Comment

Dapatkan informasi-informasi menarik dan terbaru dari Joran Groups. Anda tidak akan ketinggalan informasi. Silahkan masukan email anda untuk berlangganan.

Hak Cipta

Semua Artikel di dalam blog ini telah dilindungi oleh undang-undang yang mengatur tentang Hak Cipta. Hak Cipta sepenuhnya adalah milik Joran Groups. Bagi sesama blogger Dilarang Keras mengkopi dan mempublishing kembali tanpa ijin artikel-artikel yang ada di dalam blog ini. Cantumkan alamat link dari blogger ini jika anda ingin share kembali isi artikel di blog ini. Pelanggaran akan hal itu, anda akan kena banned dari Google DMCA, karena semua artikel di situs ini telah terdaftar di DMCA Protected.

DMCA.com Protection Status
Terima Kasih Atas Kerjasamanya.