Berita Terbaru

Makalah Komputer - Fungsi Menu dan Submenu di dalam ms.Power Point


Selamat berjumpa lagi pada kesempatan kali ini para sahabat Joran Groups. Kali ini, kami akan merilis Makalah Komputer yang berjudul “ Fungsi Menu dan Submenu di dalam ms.Power Point “.  Langsung  saja, check it out :


Di dalam Menu file terdapat beberapaFungsi yang dapat digunakan ataupun di fungsikan untuk mengatur file dokumen yang kita kerjakan seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen,maupun untunk yang lainya.berikut beberapa Fungsi Menu DalamMicrosoft  Power Point:

Menu Dalam Microsoft  Power Point

1.    New : Membuat file yang baru
2.    Open : Membuka File yang pernah kita buat
3.    Close : Menutup file yang sedang kita buka
4.    Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
5.    Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6.    Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7.    Web page Preview : Preview halaman web
8.    Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9.    Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10.    Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
11.    Sent To : Mengirimkan dokumen
12.    Properties : Melihat detail
13.    Exit : Keluar dari Program Word

   Menu Format Microsoft  Power Point

Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
1.    Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2.    Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3.    Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4.    Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5.    Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6.    Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7.    Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8.    Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9.    Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10.    Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11.    Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12.    Styles and Formatting : Memformat jenis huruf

    Menu Tools Microsoft  Power Point

Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
1.    Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
2.    Research :Mencari dokumen tertentu
3.    Letter and Mailing :Membuat surat dan email
4.    Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
5.    Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
6.    Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum


 Menu Table Microsoft  Power Point

Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
1.    Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
2.    Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3.    Delete : Menghapus tabel, baris dll
4.    Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5.    Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6.    Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7.    Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8.    Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9.    Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10.    Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11.    Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12.    Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13.    Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14.    Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel

Menu Windows Microsoft  Power Point

Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
1.    New Window : Membuat lembar kerja window baru
2.    Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
3.    Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian


 Menu Help Microsoft  Power Point

Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
1.    Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah

 Menu Edit Microsoft  Power Point

Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
1.    Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
2.    Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3.    Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4.    Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5.    Clear : Membersihkan
6.    Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7.    Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8.    Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9.    Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10.    Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11.    Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat


 Menu View Microsoft  Power Point

Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
1.    Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
2.    Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
3.    Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
4.    Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
5.    Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
6.    Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
7.    Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
8.    Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
9.    Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen


 Menu Insert Microsoft  Power Point

Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
1.    Break : Berganti Halaman
2.    Page Number : Penomoran halaman
3.    Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4.    Symbol : Menyisip suatu simbol
5.    Footnote : Membuat catatan kaki
6.    Picture : Menyisip gambar
7.    Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8.    Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9.    File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.    Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja






Fungsi Menu dan Submenu pada Office Powerpoint 2007


1. Menu File, digunakan untuk membuat, membuka dan menyimpan file PowerPoint serta keluar dari aplikasi PowerPoint

•New : membuka dokumen baru yang masih kosong
•Open : membuka dokumen yang pernah dibuat
•Close : menutup dokumen yang sedang aktif
•Save: menyimpan dokumen
•Save as : menyimpan dokumen dengan nama yang baru
•Save as web page : menyimpan dokumen ke halaman web
•File Search : mencari file pada paragrap tertentu.
•Web Page Preview : menampilkan dalam halaman web
•Package for CD : packing file ke dalam CD.
•Page Setup : memformat dokumen
•Print Preview : menampilkan hasil cetakan di monitor
•Print : mencetak dokumen
•Send To : mengirim dokumen
•Properties : mengetahui properties dokumen
•Exit  : menutup file dan keluar dari aplikasi powerpoint.


2. Menu Edit, digunakan untuk melakukan perintah editing seperti Copy, Delete, Find dan sebagainya.

•Undo Typing : melakukan pembatalan suatu perintah yang telah dilakukan.
•Repeat Typing : mengembalikan pperintah pembatalan yang telah dilakukan
•Cut : memotong teks atau objek yang diseleksi atau dipilih.
•Copy : mengopy teks atau objek yang diseleksi atau dipilih.
•Paste : menempatkan teks auatu objk yang telah dipotong atau di copy pada area yang diingikan.
•Office Clipboard : menampilkan clipboard objek yang telah dicopy ataupun dipotong ( cut )
•Paste Special : untUk menempatkan teks atau objek yang telah dicopy pada area tertentu dengan pilihan atau kretiria khusus
•Paste as Hiperlink : menampilkan hasil kopi terhubung
•Clear : menghilangkan format
•Select All : memilih seluruh bagian dokumen
•Duplicate : melakukan duplikasi slide dan diletakkan pada  halaman berikutnya
•Delete Slide : melakukan penghapusan slide.
•Find : mencari teks dalam suatu slide.
•Replace : mencari dan mengganti kata
•Go to Property: untuk menuju ke property hlaman slide
•Links : memoditifikasi link yang ada. dan Objec untuk memperbaikin suatu teks atau objek..

3. Menu View, digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja.

•Normal : menampilkan slide secara normal, yaitu dalam bentuk satu slide
•Slide Sorter : menampilkan slide secara keselurahan berurutan berdasarkan nomor halaman.
•Slide Show: menampilkan slide satu layar penuh.
•Notes Page: menampilkan slide dalam bentuk catatan halaman.
•Master :menampilkan dan mengedit halaman utama suatu slide.
•Color/ Grayscale : menampilkan halaman slide berwarna, abu-abu, atau hitam putih.
•Task Pane : menampilkan / menyembunyikan menu taks pane.
•Toolbars : menampilkan/menyembunyikan menu toolbars.
•Rules : menampilkan/menyembunyikan ruler line ( mistar )
•Grid and Guides : menampilkan garis bantu pada halaman slide.
•Header and Footer : membuat catatan kepala (header) dan catatan (footer) pada slide.
•Markup : melakukan menadaan terhadap slide.dan Zoom untuk mengatur ukuran tampilan slide.

4. Menu Insert, digunakan untuk melakukan penyisipan slide, gambar, tanggal, dan sebagainya.

•New Slide, untuk menyisihkan atau menambah slide baru.
•Duplicate Slide, untuk melakukan duplikasi slide.
•Slide Number, untuk menyisipkan nomor halaman pada slide.
•Date and Time, untuk menyisipkan tanggal dan jam pada halaman slide.
•Symbol, untuk menyisipkan symbol dan karakter khusus.
•Comment, untuk menyisipkan komentar sebagai keterangan suatu objek.
•Slides form Files, untuk menyisipkan slide dari file presentasi lain.
•Slides from Outline, untuk menyisipkan outline dari file tertentu.
•Picture, untuk menyisipkn gambar clipart,wordart,dan dari file gambar.
•Diagram, untuk menyisipkan diagram.
•Text Box, untuk menyisipkan kotak teks pada halaman slide.
•Movies and Sounds, untuk menyisipkan gambar video dan suara kehalaman slide.
•Chart, untuk menyisipkan objek ke dalam slide.
•Table, untuk menyisipkan format table kedalam slide.
•Object untuk menyisipkan objek dari file aplikasi lainnya.dan
•Hyperlink, untuk menyisipkan atau membuat fungsi hyperlink pada suatu teks maupun pada objek yang dipilih.

5. Menu Format, digunakan untuk melakukan perintah formatting seperti pengaturan huruf, penomoran, perapian dan sebagainya.

•Font, untuk mengatur jenis, ukuran, warna, dan efek pencetakan huruf.
•Bullets and Numbering, untuk memberikan nomor aragraph dan nomor bullet.
•Alignment, untuk melakukan pengaturan perataan pada teks.
•Line, Spacing, untuk menentukan jarak baris suatu teks.
•Change Case, untuk mengubah kondisi font dari huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya.
•Replace Font, untuk menggati jenis font dengan font yang baru.
•Slide Design, untuk melakukan pengaturan terhadap desain suatu presentasi.
•Slide Layout, untuk mengatur bentuk tampilan slide.
•Background, untuk menentukan warna background pada halaman slide.dan
•Placeholder, untuk melakukan pengaturan placehorer pada suatu slide.

6. Menu Tools, digunakan untuk pengaturan bahasa, pengejaan dan sebagainya dan berfungsi untuk bantuan perbaikan dokumen

•Speeling, untuk pengecekan ejan bahasa.,
•Research,untuk pencarian kata-kata yang memiliki arti sama.
•Theasaurus, untuk menampilkan dan menyisipkan kata-kata yang memiliki arti sama.
•Language, mengecek bahasa
•Shared workspace, untuk mengaktifkan fungsi share lembar kerja, sehingga dapat digunakan bersama-sama dalam suatu jaringan.
•Compare and Merge Presentations, untuk melakukan penggabunan file presentasi.
•Online Collaboration, untuk melakukan pertemuan dan diskusi tentang powerpoint melalui internet.
•Macro, untuk melakukan perekaman program macro.
•Add-Ins, untuk menambahkan fasilitas perintah baru kedalam powerpoint.
•AutoCorrect Options, untuk melakukan pengecekan dan penggatian terhadap huruf atau kata-kataturtentu dan ejaanya telah disesuaikan.
•Customize untuk pengaturan menu dan toolbard.
•Options untuk pengaturan jendela dan lembar kerja powerpoint.

7. Menu Slide Show, digunakan untuk menampilkan presentasi, pengaturan penampilan file presentasi dan sebagainya.

•View Show, untuk menjalankan tampilan slide dalam satu layar penuh.
•Set Up Show, untuk melakukan pengaturan slide saat slide dijalankan.
•Rehearse Timings, untuk menetukan durasi waktu otomatis saat slide dijalankan.
•Record Narration, untuk melakukan rekaman narasin terhadapa slide.
•Action Buttons, untuk membuat tombol navigasi tombol aksi dalam slide.
•Action settings, untuk melakukan pengaturan proses atau aksi terghadap suatu tombol navigasi.
•Animation, untuk menentukan animasi slide dengan skema yang telah ditentukan oleh powerpoint.
•Custom Animation, untuk menentukan animasi dengan beberapa variasi, tidak bergantun pada skema animasi.
•Slide transition, untuk menentukan bentuk animasi transisi atau animasi perpindahan antarslide.’
•Hide Slide, untuk menyembunyikan slide.dan Custom Show untuk melakukan pengaturan urutan tampilan slide presentasi.

8. Menu Window, digunakan untuk membuka jendela baru, mengatur jendela dan sebagainya.

•New Window, untuk membuat jendela baru npada suatu file presentasi, sehingga anda dapat mengedit suatu file dengan beberapa jendela presentasi.
•Arrange All, untuk melakukan pengaturan tampilan jendela secara otomatis terhadap suatu jendela presentasi yang aktif.
•Cascade, untuk melakukan pengaturan tampilamn jendela dengan bentuk bertumpuk (cascade) terhadap semua jendela yang aktif.
•Next Pane, untuk menu pane berikutnya..

9. Menu Help, digunakan untuk menampilkan panduan/ bantuan dalam menggunakan PowerPoint.

•Microsoft PowerPoint Help, untuk ,meminta bantuan terhadap suatu perintah powerpoint.
•Show the Office Assitant, untuk menampilkan kotak dialog asistem dalam mencari perintah atau informasi yang belum dimengerti.
•Microsoft Office Online, untuk meminta bantuan secara online melalui internet.
•Contact Us, untuk meminta bantuan dengan cara menghubungi technical support Microsoft melalui telpon dan internet.
•check for Updates, untuk melakukan pengecekan terhadap versi terbaru dari powerpoint.
•Detect and Repair, untuk melakukan deteksi dan perbaikan terhadap program powerpoint.
•Activate Product, untuk mengaktifkan produk yang anda gunakan dengan mengisikan nomor lisensi yang anda dapatkan dari Microsoft.
•Customer feedback Options, untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan kritik dan saran( umpan balik ) terhadap pruduk powerpoint.
•About Microsoft PowerPoint, untuk melihat deskripsi dan release powerpoint yang digunakan.







sekian dulu artikelnyaa....see you next timee.....

1 Response to "Makalah Komputer - Fungsi Menu dan Submenu di dalam ms.Power Point"

  1. Bagus sekali, Sangat membantu untuk saya menjawab soal SMA Kelas XII Program Ipa .... Makasih Ka Renaldo Ndona. :) Sukses terus nya. Semoga suatu saat bisa ketemu . See you next time

    ReplyDelete

Dapatkan informasi-informasi menarik dan terbaru dari Joran Groups. Anda tidak akan ketinggalan informasi. Silahkan masukan email anda untuk berlangganan.

Hak Cipta

Semua Artikel di dalam blog ini telah dilindungi oleh undang-undang yang mengatur tentang Hak Cipta. Hak Cipta sepenuhnya adalah milik Joran Groups. Bagi sesama blogger Dilarang Keras mengkopi dan mempublishing kembali tanpa ijin artikel-artikel yang ada di dalam blog ini. Cantumkan alamat link dari blogger ini jika anda ingin share kembali isi artikel di blog ini. Pelanggaran akan hal itu, anda akan kena banned dari Google DMCA, karena semua artikel di situs ini telah terdaftar di DMCA Protected.

DMCA.com Protection Status
Terima Kasih Atas Kerjasamanya.